Enam Sikap DPD IMM Jabar Mengenai Kekerasan di Rohingya

Bandung – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Jawa Barat mengeluarkan Enam pernyataan sikap terkait tindak kekerasan militer Myanmar terhadap Etnis Rohingya di Myanmar.

Seperti release yang di terima oleh IMM.or.id, Sabtu (2/8) malam, pernyataan sikap yang dituangkan dalam surat bernomor 01/A-4/x/2017 yang ditandatangani Ketua Umum DPD IMM Jabar Zaki Nugraha serta Sekretaris Umum Ibadi Rahman juga berisi himbauan kepada tiap-tiap Cabang IMM se-Jawa Barat untuk melakukan aksi solidaritas dalam bentuk kampanye di depan gedung DPRD yang di lakukan serentak tanggal 5 September 2017.

Ada Enam poin pernyataan sikap yang dikeluarkan DPD IMM Jawa Barat, Berikut kutipan lengkap pernyataan DPD IMM Jawa Barat:

Kami mahasiswa yang tergabung dalam Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Jawa Barat mengecam keras atas tindakan pasukan keamanan Myanmar dan para perwira Buddha yang melakukan tindakan kekerasan terhadap Etnis Rohingya, oleh karena itu kami menghimbau kepada pimpinan cabang IMM se-Jawa Barat untuk mendesak pemerintah pusat melalui Dewan Perwakilan Rakyat Daerah dengan tuntutan sebagai berikut:

1. Mendesak pemerintah RI berperan aktif di forum-forum internasiona untuk menangani tragedi kemanusiaan yang menimpa etnis rohingya di Myanmar.
2. Mendesak negara-negara Asean untuk memutuskan hubungan diplomasi dengan pemerintah Myanmar selama kekerasan terhadap etnis rohingya terus dilanjutkan
3. Mendesak pemerintah RI untuk bekerja sama dengan Negara-negara Asean untuk membuka perbatasan sebagai akses bantuan kemanusiaan.
4. Mendesak penyelanggara pemberi penghargaan nobel perdamaian untuk mencabut penghargaan nobel perdamaian terhadap Aung San Suu Kyi.
5. Mendesak pemerintah RI untuk menyiapkan kawasan pengungsian bagi etnis rohingya.
6. Mendesak pemerintah Indonesia untuk mengusir kedubes Myanmar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *